Jual Scaffolding 1 Set: Tipe, Ukuran, Spesifikasi, Kelebihan, dan Penerapannya

Scaffolding atau perancah adalah elemen krusial dalam industri konstruksi yang berfungsi untuk mendukung pekerja dan material saat pembangunan atau perbaikan struktur bangunan. Bagi Anda yang sedang mencari scaffolding 1 set, artikel ini akan membahas secara mendalam mengenai tipe, ukuran, spesifikasi, kelebihan, dan penerapan scaffolding dalam proyek konstruksi. Jika Anda mencari tempat jual scaffolding 1 set, artikel ini juga merekomendasikan tempat jual frame scaffolding terbaik.

Jual-Scaffolding-1-Set-Tipe-Ukuran-Spesifikasi-Kelebihan-dan-Penerapannya-Teknoscaff-2

Tipe Scaffolding

Scaffolding hadir dalam berbagai tipe, masing-masing dirancang untuk memenuhi kebutuhan spesifik dalam proyek konstruksi. Berikut adalah beberapa tipe scaffolding yang umum digunakan:

1. Scaffolding Tiang (Single Scaffolding)

Digunakan terutama dalam pekerjaan batu bata. Tipe ini terdiri dari satu baris tiang yang menopang platform kerja.

2. Scaffolding Berganda (Double Scaffolding)

Memiliki dua baris tiang untuk memberikan dukungan ekstra. Sering digunakan dalam pekerjaan batu yang membutuhkan stabilitas lebih.

3. Scaffolding Konsol (Cantilever Scaffolding)

Digunakan ketika tanah tidak cukup kuat untuk mendukung perancah standar. Tiang penyangga dipasang secara horizontal dari struktur bangunan.

Baca Juga: Jual Frame Scaffolding: Tipe, Ukuran, Spesifikasi, Kelebihan, dan Penerapannya

4. Scaffolding Suspensi (Suspended Scaffolding)

Perancah ini digantung dengan tali atau rantai dari atap bangunan. Cocok untuk pekerjaan eksterior di gedung bertingkat tinggi.

5. Scaffolding Baja (Steel Scaffolding)

Terbuat dari pipa baja yang kuat dan tahan lama, scaffolding ini ideal untuk proyek besar karena menawarkan keamanan dan stabilitas tinggi.

6. Scaffolding Kwikstage

Sistem modular yang mudah dirakit dan dibongkar, menjadikannya ideal untuk proyek dengan variasi tinggi dan kompleksitas.

Ukuran dan Spesifikasi Scaffolding

Ukuran dan spesifikasi scaffolding sangat bervariasi tergantung pada kebutuhan proyek. Berikut adalah beberapa komponen utama scaffolding beserta ukurannya:

1. Tiang Utama (Standards)

  • Panjang: 1,5m, 2m, 2,5m, hingga 3m.
  • Diameter: 48,3mm dengan ketebalan 3,2mm.

2. Horizontal (Ledgers)

  • Panjang: 0,5m hingga 2,5m.
  • Diameter: 48,3mm.

3. Diagonal (Braces)

  • Menyesuaikan dengan ukuran tiang dan horizontal.

4. Platform atau Decking

  • Lebar: 0,6m hingga 1,2m.
  • Panjang: 2m hingga 3m.
  • Material: Kayu, baja, atau aluminium.

5. Klem dan Pengunci (Couplers)

  • Terdiri dari swivel couplers, fixed couplers, dan putlog couplers.
  • Material: Baja galvanis.

Baca Juga: Jual Catwalk Scaffolding: Tipe, Ukuran, Spesifikasi, Kelebihan, dan Penerapannya

Kelebihan Scaffolding

Menggunakan scaffolding dalam proyek konstruksi memiliki beberapa kelebihan, di antaranya:

1. Keselamatan dan Keamanan

Scaffolding menyediakan platform kerja yang stabil dan aman bagi pekerja, mengurangi risiko jatuh dari ketinggian.

2. Efisiensi Kerja

Scaffolding mempermudah akses ke area yang sulit dijangkau, mempercepat proses pembangunan dan perbaikan.

3. Fleksibilitas

Dapat disesuaikan dengan berbagai jenis dan tinggi bangunan. Sistem modular memungkinkan scaffolding mudah dibongkar dan dirakit sesuai kebutuhan.

4. Tahan Lama

Terbuat dari material berkualitas tinggi yang tahan terhadap cuaca dan beban berat, scaffolding menawarkan ketahanan yang luar biasa.

Baca Juga: Mengenal Berbagai Ukuran Besi Hollow dan Fungsinya

Penerapan Scaffolding

Scaffolding digunakan dalam berbagai aplikasi di industri konstruksi, antara lain:

1. Pembangunan Gedung Tinggi

Scaffolding memungkinkan pekerja mencapai ketinggian dengan aman, digunakan untuk pemasangan dinding, langit-langit, dan elemen struktural lainnya.

2. Renovasi dan Perbaikan

Scaffolding mempermudah akses untuk perbaikan fasad, pengecatan, dan pemasangan panel kaca.

3. Pekerjaan Infrastruktur

Scaffolding digunakan dalam pembangunan jembatan, terowongan, dan struktur infrastruktur lainnya.

4. Acara dan Panggung

Scaffolding juga digunakan untuk membangun panggung dan struktur sementara dalam acara besar.

Pilih Scaffolding TeknoScaff

TeknoScaff jual scaffolding 1 set yang berkualitas dengan beragam tipe scaffolding yang sesuai untuk berbagai kebutuhan konstruksi, TeknoScaff memastikan setiap proyek dapat berjalan dengan aman dan efisien. Dukungan teknis profesional dan layanan pelanggan yang responsif menjadikan TeknoScaff pilihan terbaik bagi para profesional di industri konstruksi. Pilih TeknoScaff untuk memastikan proyek Anda terlaksana dengan standar keselamatan dan kualitas tertinggi. Hubungi kami untuk informasi selengkapnya atau bisa klik disini jika Anda ingin melihat produk-produk kami.

Kesimpulan

Scaffolding adalah komponen vital dalam industri konstruksi yang menawarkan keamanan, efisiensi, dan fleksibilitas. Dengan berbagai tipe, ukuran, dan spesifikasi yang tersedia, scaffolding dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik setiap proyek. Kelebihan scaffolding yang meliputi keselamatan, efisiensi kerja, dan ketahanan menjadikannya pilihan utama untuk berbagai aplikasi konstruksi. Bagi Anda yang mencari scaffolding 1 set, pastikan untuk memilih produk berkualitas tinggi yang memenuhi standar keselamatan dan kebutuhan proyek Anda.

Baca Juga: Pemanfaatan Ringlock Scaffolding pada Konstruksi Jembatan

Semoga artikel ini membantu Anda dalam memahami lebih dalam tentang scaffolding dan memberikan informasi yang berguna untuk memilih scaffolding yang tepat. Jika Anda mencari tempat jual scaffolding 1 set yang terpercaya dan berkualitas, pastikan untuk memilih pemasok yang menyediakan produk dengan standar keselamatan tinggi dan layanan purna jual yang memadai.

PT. Teknometal Konstruksi Utama adalah vendor penyedia scaffolding, jual scaffolding 1 set dan shoring systems dengan merk TEKNO untuk kebutuhan proyek konstruksi seperti infrastruktur, gedung, energi, dan migas. Jika Anda membutuhkan jasa scaffolding dan shoring system dapat menghubungi WhatsApp : 0811 998 057 atau Email : info@teknoscaff.com.