Pengertian Uhead Scaffolding, Fungsi dan Cara Pemilihannya

Apa itu uhead? Jika anda bekerja sebagai arsitektur atau mungkin seorang kuli bangunan, pasti sudah tidak asing dengan uhead ini. Tetapi, ada pula sebagian besar orang yang belum mengerti dengan alat ini. Pada umumnya, uhead adalah sebuah alat yang dirancang untuk dipasang pada suatu bagian atas scaffolding atau perancah.

Bisa dibilang kalau alat yang satu ini memiliki peranan penting, khususnya dalam pembangunan gedung yang mungkin sulit untuk kita capai. Scaffolding sendiri adalah peralatan bangunan atau platform yang dibuat untuk kenyamanan dan keamanan tenaga kerja. Tetapi ini juga digunakan untuk penyangga barang-barang atau alat-alat pekerjaan dari konstruksi bangunan.

Scaffolding sendiri terdiri dari beberapa komponen, salah satunya adalah alat ini. Lantas apa yang dimaksud dengan uhead? Bagi anda yang ingin mencari tahu penjelasan yang lengkap dan detail dari alat ini. Maka anda dapat simak penjelasan yang sudah tersedia berikut ini.

Pengertian Uhead

Apa itu Uhead? Ini adalah sebuah alat yang dibuat khusus diaplikasikan pada bagian atas scaffolding.  Khususnya dalam shoring, yang mana balok biasanya harus ditopang. Atau mungkin kepala U bisa dipakai pada bagian dasar perancah dengan cara membalikkannya.

Seringkali alat ini disebut dengan U-Head Jack yang merupakan suatu alat yang berada di dalam komponen perancah yang berfungsi untuk menyangga konstruksi diatasnya. Alat ini mempunyai bentuk seperti U yang memungkinkan dapat mengapit bagian atas konstruksi tersebut.

Uhead

Tak hanya itu saja, uhead juga sering dijadikan sebagai suatu alat dalam menahan perancah agar bisa berdiri tegak dan tidak goyah. Yang pastinya ini sangat efektif dalam konstruksi bagian atasnya yang mungkin kelihatannya tidak rata.

Kegunaan dari uhead ini pada scaffolding sebenarnya sebagai alat yang dapat mencapai bagian konstruksi yang tinggi. Untuk steger merupakan konstruksi yang dapat menerima atau memikul beban dan memberi kekuatan hingga kestabilan di bekisting. Perancah yang seperti ini biasanya disebut dengan plaform sementara.

Perancah mempunyai sifat yang berupa pabrikasi, misalnya perancah berbahan baja besi/pipa dan adapun yang konvensional yang berupa perancah bambu. Pemilihan dari scaffolding diakibatkan karena mempunyai sifat konstruksi yang lebih praktis serta tidak membutuhkan sejumlah tenaga kerja ataupun tenaga ahli.

Fungsi Uhead

Uhead ini mempunyai fungsi utama yang digunakan untuk rangka dasar dan penyangga vertikal dalam dinding beton atau balok pelat. Cukup sering, kepala U yang seringkali berbahan baku dan mempunyai kualitas terbaik akan dipakai dalam peletakkan kayu lapis maupun pipa curam pada bagian atasnya. Hal tersebut untuk memberikan kepastian kalau struktur tersebut akan menjadi kuat.

Uhead

Bagian dari scaffolding ini dijadikan sebagai tiang baja yang berulir dan berbentuk seperti huruf U dan ini juga telah dilengkapi dengan adanya wingnut buat pengaturan ketinggian yang sesuai dengan kebutuhan. Uhead berfungsi menahan balok kayunya dengan lebih kuat dan aman di tempatnya.

Uhead sendiri juga terbuat dari bahan yang mempunyai kualitas terbaik dan sudah diberikan lapisan yang berupa anti karat. Dengan begitu, alat tersebut bisa bertahan dengan jangka waktu yang lama dan sudah pasti juga kuat. Perlu anda ketahui kalau alat ini mempunyai panjang yang bisa mencapai kisaran 60 cm dan ketebalannya juga berkisaran 32 mm.

Cara Pemilihannya

Pemilihan dari alat ini sangat penting untuk dilakukan sehingga perancah dapat berdiri dengan kokoh terhindar dari kecelakaan terhadap tenaga kerja yang sedang bekerja. Seringkali pemilihan dari uhead buat penggunaan scaffolding bambu diakibatkan karena mempunyai sifat kekuatan serta ukuran yang telah tersedia di tempat kerjanya.

Uhead

Scaffolding ini juga terbuat dari bahan pipa besi yang akan dibentuk sebaik mungkin hingga memiliki kekuatan yang baik dalam menopang beban pada bagian atasnya. Dalam pengerjaan sebuah projek, membutuhkannya atau tidak itu hanya tergantung pada pemiliki projek tersebut.

Hal tersebut karena adanya perbedaan dari biaya yang memakai bambu maupun scaffolding. Scaffolding dipakai buat pengganti bambu di dalam pembangunan sebuah projek. Jadi, pada dasarnya pengaturan dari perancah ini cukupah sederhan hingga mudah, tetapi masalnya adalah ketika ketinggian dari bekisting yang akan digunakan seringkali tak sesuai dengan spesifikasi scaffolding tersebut.

Itulah sebabnya, sangat penting untuk memilih uhead dengan baik dan benar. Anda dapat memilih produk mana yang ingin anda beli. Jangan khawatir dengan kualitasnya, karena Teknoscaff menawarkan beragam produk yang berkualitas terbaik. Jika merasa memerlukan scaffolding dan aksesoris bekisting yang berkualitas, maka dapat menghubungi kontak yang ada di sini.