Mengenal Bagian Bekisting Kolom dan Cara Memasangnya

Bekisting kolom adalah struktur pembangunan yang diperlukan untuk mendukung konstruksi seperti gedung. Seiring dengan banyaknya proyek-proyek bangunan berlomba-lomba untuk memenuhi kebutuhan akan ruang, bekisting kolom menjadi bagian penting dalam proses. Dalam artikel ini, Anda akan belajar tentang bagian dari bekisting kolom dan cara memasangnya dengan benar.

Apa itu Bekisting Kolom?

Bekisting adalah struktur yang digunakan untuk mendukung bagian atau seluruh konstruksi beton agar beton dapat mengeras dengan baik. Bekisting kolom biasanya terdiri dari beberapa bagian, antara lain:

– Plat besi penutup atas dan bawah
– Pipa besi penyambung vertikal
– Besi siku horizontal
– Daun papan (bisa berupa kayu atau plastik)

Pekerjaan memasang bekisting kolom cukup rumit dan harus dilakukan oleh tenaga ahli. Untuk itu, Anda disarankan untuk menggunakan jasa professional agar pekerjaan dapat berjalan dengan lancar.

Fungsi Bekisting Kolom

Bekisting kolom adalah sebuah struktur penyangga yang digunakan untuk menahan beban berat pada kolom-kolom beton. Bekisting ini terbuat dari material kayu, baja, atau plastik dengan ukuran dan bentuk yang disesuaikan dengan ukuran kolom. Cara memasang bekisting kolom cukup mudah, ia hanya perlu dipasang di sekeliling kolom beton dan diperkuat dengan baut atau paku.

Jenis-jenis Bekisting Kolom

Bekisting kolom adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mendukung struktur bangunan selama proses pembangunan. Bekisting kolom dibagi menjadi tiga jenis utama, yaitu bekisting beton, bekisting baja, dan bekisting kayu.

Pertama, bekisting beton adalah jenis bekisting yang paling umum digunakan, dan terdiri dari sebuah rangka baja yang dilapisi dengan plastik atau kertas untuk mencegah campuran beton menempel pada rangka.

Kedua, bekisting baja adalah jenis bekisting yang lebih ringan dan mudah dipasang daripada bekisting beton, namun sering kali lebih mahal.

Terakhir, bekisting kayu adalah jenis bekisting yang paling umum digunakan untuk struktur bangunan tertentu, seperti rumah tangga tradisional Jepang.

Keunggulan dan Kekurangan Bekisting Kolom

Bekisting adalah salah satu bagian penting dalam pembuatan sebuah struktur beton. Bekisting kolom berfungsi untuk memberikan bentuk dan ukuran yang sesuai dengan desain kolom yang dibuat oleh arsitek. Selain itu, bekisting juga berfungsi sebagai pelindung agar kolom tidak mudah patah atau pecah.

Keunggulan bekisting kolom adalah:
– Dapat digunakan untuk berbagai ukuran kolom
– Fleksibel, sehingga dapat disesuaikan dengan bentuk dan ukuran kolom yang diinginkan
– Mempunyai kekuatan tahan lama dan tidak mudah rusak
– relatif murah

Kekurangan bekisting kolom adalah:
– Pemasangannya cukup rumit dan membutuhkan tenaga kerja yang banyak
– Bisa mengalami kerusakan jika tidak dipasang dengan benar

Baca Juga: Jual Bekisting Kolom dan Spesifikasinya

Cara Memasang Bekisting Kolom

Bekisting adalah rangkaian papan kayu atau baja yang digunakan untuk mendukung sementara struktur baja atau beton agar mengalami seting (pengerasan). Bekisting juga dapat berfungsi sebagai pelindung struktur dari gaya tekan dan gaya geser. Banyak jenis bekisting, salah satunya adalah bekisting kolom.

Bekisting kolom adalah bekisting yang digunakan untuk mendukung sementara struktur kolom baja atau beton agar mengalami seting (pengerasan). Bekisting kolom juga dapat berfungsi sebagai pelindung struktur kolom dari gaya tekan dan gaya geser. Cara memasang bekisting kolom sangatlah mudah, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Pertama-tama, pasanglah beberapa batang pengunci pada bagian bawah lebaran kolom dengan jarak yang sama.
2. Selanjutnya, taruhlah beberapa buah papan kayu pada bagian bawah lebaran kolom dan pasanglah ke masing-masing batang pengunci dengan baut.
3. Setelah itu, pasanglah beberapa buah papan kayu di sekeliling kolom dan perkuatlah dengan baut atau paku.
4. Terakhir, pasanglah beberapa buah plastik atau kertas yang dapat melindungi bekisting dari air dan lumpur.

Itulah cara memasang bekisting kolom yang cukup mudah, jadi jangan lupa untuk memperhatikan langkah-langkah tersebut agar hasilnya baik.